Selasa, 24 April 2012

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Sugar Glider

Bolehkah adopt SG hanya 1 ekor saja ?
Boleh saja, apabila dana masih tidak memadai dipersilahkan adopt SG satu ekor saja. Asalkan SG tersebut sering dihandle agar tidak kesepian yang nantinya akan menyebabkan stress dll.
Apabila ada dana selanjutnya, disarankan untuk adopt 1 ekor lagi sebagai pasangannya. Karena sesering apapun anda menghandle SG anda jika 1 ekor tidak akan pernah bisa menggantikan kebutuhan SG anda akan pasangannya dan berkembang biak.

Apakah SG jantan saya harus dipisah apabila SG betina saya hamil ?
Jawabnya adalah tidak. SG jantan turut serta membantu mengasuh joey yang dilahirkan. Sangat jarang sekali ditemui SG jantan yang memakan anaknya. Hal ini sering ditemui oleh betina yang biasanya masih muda atau sang induk merasa kurang yakin dg asupan gizi yang nantinya anaknya akan terlantar. SG betina biasanya mempunyai naluri sang joey akan lahir dan sehat nantinya. Oleh karena itu asupan gizi yang baik sangat dianjurkan.

Apakah boleh memandikan SG saya ?
Boleh saja. Memandikan SG bisa dengan mengusapkan tissue basah yang sebaiknya tidak mengandung zat kimia seperti alcohol dll. Selain itu juga bisa dengan menyemprotkan SG anda dengan semprotan (biasanya dipakai untuk tanaman dan burung) yang alirannya sangat halus dan merata.
TAPI INGAT !!!
JANGAN PERNAH MENYEMBURKAN SUGAR GLIDER ANDA DI AIR.
SUGAR GLIDER TIDAK BISA BERENANG !!!

Apakah boleh menggunting kuku SG saya ??
Boleh saja. Bagi anda yang mempunyai kulit yang sensitif sangat dianjurkan untuk menggunting kuku SG anda secara berkala.
Bagi anda yang menggunakan hiding pouch dari bahan kain, sangat dianjurkan untuk menggunting kuku SG anda secara berkala. Hal ini untuk menghindarkan kaki/tangan SG anda tersangkut di pouch itu. Apabila kaki/tangan SG anda tersangkut di hiding pouch itu. SG anda cenderung akan menggigit kaki/tangannya daripada mengigit pouch tersebut. Telah banyak kasus yang memprihatinkan yang disebabkan kaki/tangan SG tersangkut di pouch mereka.

Bagaimana caranya agar SG bonding/jinak ?
Tidak ada kata lain untuk hal ini adalah sering menghandle SG anda. Biasakan SG anda dengan diri anda. Dengan meletakkan saputangan, handuk kecil bahkan baju kita, menurut saya itu hanyalah salah satu cara saja. Tidak ada kata lain selain sering menghandle SG anda.
And the other magic word is : SABAR !!!
Proses bonding ini tidak bisa hanya sehari atau beberapa hari saja. Seminggu atau beberapa minggu saja tapi bisa juga berbulan-2 meskipun anda sering menghandle mereka.
Nasehat saya adalah : Nikmati proses bonding tersebut !!!

Bagaimana kandang yang baik buat SG ?
Lebih tinggi dan lebih luas kandang SG lebih baik. Gunanya agar dia bisa bebas bergerak dan glide kesana kemari. Tapi apabila dana anda terbatas, kandang hamster 2 atau 3 tingkat cukup buat sepasang SG. Kekurangan dari kandang ini bisa anda tebus dengan sering mengeluarkan SG anda untuk bergerak.
Lantas alas kandang boleh dikasi apa aja?
Alas kandang boleh dikasih pasir zeolit yang agak besar bukan yang paling halus, serbuk kayu, koran/kertas bekas, kain-kain hangat, tissue dll. Inti dari alas kandang itu adalah untuk menyerap pee dan pup SG anda agar kandang tidak lembab dan selalu bersih. Disarankan apabila memberikan serbuk kayu atau pasir zeolit tersebut, sebelum dasar kandang ada semacam penyekat agar serbuk kayu atau pasir zeolit tersebut tidak berserakan keluar kandang karena SG anda yang lincah.

Apakah boleh meletakkan SG di ruangan kamar saya yang ber ac ?
Boleh saja asalkan jangan terlalu dingin. Disarankan untuk memberikan pouch yang hangat untuk SG anda berlindung dr dingin. Yang perlu dikhawatirkan mungkin adalah baunya. Didalam ruangan yang berpenyejuk, bau yang sedikit 'beraroma' akan lebih santer tercium 'aromanya'. Disarankan untuk selalu membersihkan kandang SG anda. Apalagi bila SG anda tersebut jantan yang selalu memarking 'daerahnya'.

Apakah sg yang kita beli di pasar hewan juga bisa bonding ?
semua pasti bisa kok, asalkan bagaimana kita merawat dan menghandle mereka.
Bahkan sg yang kita beli dari breeder yang otomatis masih joey juga memerlukan proses pengenalan. Apabila anda mengharapkan sg langsung jinak seperti anda membeli kucing atau anjing yang otomatis bisa jinak ketika kita langsung membelinya, anda salah jika mengharapkan SG akan seperti itu.
Sugar Glider adalah hewan yang unik yang memerlukan proses pengenalana kepada adopternya meskipun adopter sebelumnya sudah jinak.
Berapa lama proses bonding ini ?
Proses bonding ini bisa memerlukan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Tergantung bagaimana kita menghandle mereka. termasuk joey sekalipun.

Mungkin ini dulu deh...
Apabila ada yang salah dalam penulisan saya mohon maaf. Dan apabila ada kesalahan dalam penjelasannya mohon kritikannya. Karena saya bukanlah yang ahli tentang Sugar Glider. I was just a Sugar Glider Lovers.

sumber : KPSGI Sonny "sonntro" Catro

3 komentar:

  1. Makanan tambahan alternatif untuk sugar glider kesayangan anda. Protein tinggi, praktis, lebih higienis dan telah teruji kandungan nutrisinya

    Sugar glider menyukai makanan tambahan alternatif

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk sugar glider kesayangan anda

    BalasHapus
  2. Apa sayuran untuk sg harus di rebus dulu ?

    BalasHapus