Selasa, 24 April 2012

saat betina memiliki Joey didalam kantung

untuk mengetahui bahwa Sg anda IP atau tidak sedikit susah mengetahuinya :
coba lah raba perut SG anda, apabila ada benjolan terasa seperti biji kacang hijau atau beras, mungkin dia sedang IP.
tapi kadang kita suka terkecoh dengan hal ini, benjolan yg kita rasakan itu mungkin hanya benjolan sendi kakinya. oleh karena itu coba berulang kali dan pastikan dengan seksama.

apakah harus memisahkan sang jantan dengan betina ketika sang betina IP :
Jawabannya adalah JANGAN DIPISAH !!!
Sang jantan nanti akan ikut merawat joey tersebut ketika joey sudah out of pouch !!!
Sang betina biasanya akan sedikit kelelahan merawat joey tersebut, disinilah peranan sang jantan dalam proses pertumbuhan joey tersebut. Sang Joey nantinya akan terlihat gelantungan di punggung sang jantan atau betina tersebut.

asupan gizi buat sang betina :
Berikanlah seperti biasa yang anda berikan selama ini.
Akan tetapi lebih baik berikan tambahan asupan gizi untuk sang induk dengan memberikan tambahan makanan berupa ulat hongkong atau jangkrik dan lain-lain yang anda anggap terbaik untuk sg anda.
Sama seperti manusia yang sedang hamil, ibu membutuhkan asupan gizi yang berlebih untuk produksi air susu bagi anaknya. Sebaiknya berikan makanan yang tinggi kalsium dan protein.
Saya sendiri tidak pernah membatasi jumlah porsi untuk induk saya.
Karena saya berfikir, selagi mereka suka pasti akan dimakan oleh mereka dan ketika mereka kenyang atau cukup mereka akan berhenti memakannya.

Bolehkah saya memegang joey tsb ketika sudah keluar dari kantung ibunya ?
Saya sendiri merekomendasikan agar menahan diri anda selama sekitar 3 sampai 4 minggu untuk tidak memegang joey tersebut.
alasan saya adalah agar joey tersebut tidak kaget dengan suasana yg baru.
Akan tetapi apabila ada teman2 yang berpendapat beda dengan saya, silahkan sama2 kita share disini.

Apa yang harus kita perhatikan selama proses pertumbuhan joey tersebut ?
Apabila SG anda cukup bonding, lakukan bermain2 dengan SG anda seperti biasa, akan tetapi sebaiknya menghindari kegiatan yang terlalu extreme yang dapat mengakibatkan sesuatu yang tidak kita inginkan bagi SG yang sedang IP tersebut.

Setelah OOP apa yang mesti kita perhatikan untuk joey tersebut ?
Perhatikan selalu SG anda baik pagi siang sore atau malam. Apabila joey terlihat didasar kandang tanpa di urusi oleh sang induk selama beberapa saat sekitar 1 jam lebih, dan telah anda coba untuk menggabungkan kembali dengan induknya tetapi kejadian ini berulang kembali, mungkin ini adalah tanda2 bahwa joey tersebut ditolak oleh induknya.
Apabila anda merasa yakin bahwa joey itu ditolak oleh induknya, mungkin anda harus membesarkan sendiri (hand raised) joey tersebut.

Jika terjadi sang jantan tersebut dipisah dalam masa IP ini dan lantas anda menggabungkan kembali. Sang jantan bisa saja menyerang hingga mengakibatkan kematian bagi joey tersebut. Oleh karena itu janganlah memisah sang jantan meski hanya sebentar dengan anggapan nanti akan di gabung kembali dengan betinanya/pasangannya.
Karena sang jantan akan menganggap bahwa joey yang ada di dalam kantung sang betina adalah bukan bagian dari koloninya atau dianggap sebagai saingannya. Oleh sebab itu tetap biarkan sang jantan bersama betina sampai dengan joey bisa hidup sendiri.

sebaiknya berikan bubur bayi anda agak encer sedikit, hal ini gunanya agar membiasakan joey (ketika dia sudah bisa makan ya....) untuk terbiasa dengan makanan pemberian kita.

sumber : KPSGI Sonny "sonntro" Catro

1 komentar:

  1. Memiliki sugar glider yang sedang menyusui ? Berikan makanan tambahan bergizi tinggi, protein tinggi dan higienis. Berikan MARKEL, makanan tambahan yang terbuat dari serangga yang di keringkan diperkaya dengan minyak ikan dan multivitamin

    Makanan tambahan untuk sugar glider saat hamil

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk suga glider kesayangan anda

    BalasHapus